Informasi

Pondok Pesantren “Wali Songo” Ngabar menyediakan kuota santri baru tingkat Tarbiyatul Mu’allimin/Mu’allimat al-Islamiyyah (setingkat Mts/MA) tahun ajaran 2018-2019 sebagai berikut:

  1. Santri putra/ TMI: 275 kuota santri (225 berasrama, dan 50 non asrama)
  2. Santri putri/ TMt-I: 300 kuota santri (250 berasrama, dan 50 non asrama)
  • PERSYARATAN

  1. Mengisi formulir pendaftaran (disediakan oleh panitia)
  2. Foto copy ijazah dan SKHUN SD/MI (kelas biasa) – MTs/SMP (Kelas Intensif) yang sudah terlegalisir sebanyak 4 lembar.
  3. Surat pernyataan dan permohonan bermaterai (disediakan oleh panitia)
  4. Pas foto hitam putih ukuran 3×4 sebanyak 4 lembar.
  5. Foto copy Akta, Kartu Keluarga dan KTP kedua orang tua sebanyak 4 lembar
  6. Surat Keterangan Kelakuan Baik (SKKB) dari sekolah/madrasah
  7. Surat Keterangan Sehat.
  8. Membayar uang pendaftaran

Point nomor 1 dapat diisi via online di sini

  • WAKTU PENDAFTARAN DAN SELEKSI

Pendaftaran bisa dilaksanakan secara online* maupun offline. Adapun waktu pendaftaran sebagai berikut:

  1. Pendaftaran Gelombang 1 : 1 Januari – 28 April 2019
    Seleksi Masuk ke-1            : Rabu, 1 Mei 2019
  2. Pendaftaran Gel. 2             : 5 Mei – 10 Juni 2019
    Seleksi Masuk ke-2            : Kamis, 13 Juni 2019

Waktu pendaftaran: 07.30 – 12.00, 13.30-16.30 & 20.00-22.00 WIB

*Pendaftaran online akan dibuka 7 Januari 2019 karena ada beberapa perbaikan sistem.

  • MEKANISME PENDAFTARAN

Online

1. Membayar biaya administrasi pendaftaran sebesar Rp. 200.000,- ke rekening BNI 0477299472 A.n Pondok Pesantren Wali Songo Ngabar dan mengirimkan bukti pembayaran ke no Whatsapp/SMS panitia
2. Panitia melihat secara teliti bukti pembayaran dan mengirimkan username dan password untuk masuk ke formulir pendaftaran online
3. Menyiapkan soft file berkas pendaftaran : Pas photo, bukti pembayaran , ijazah*, SKHUN*, akta kelahiran, KK, KTP wali dan SKKB, kemudian foto/scan.
4. Klik siap.ppwalisongo.id/formulirpsb
5. Lembar pertama :
Upload soft file berkas berbentuk foto/hasil scanner dengan ukuran tidak lebih dari 1 MB dan formatnya berbentuk JPEG.
6. Lembar kedua :
Lengkapi seluruh data diri dengan baik dan benar. Isi Kolom email dengan email orang tua/wali.
7. Lembar ketiga :
Lengkapi seluruh data orang tua dan wali. Isi alamat dengan lengkap.
8. Lembar keempat :
Isi data sekolah asal dengan baik dan benar. Calon santri kelas intensif yang telah menamatkan jenjang SMA/MA, wajib mengisi kolom asal sekolah SMA/MA.
9. Lembar kelima :
Isi data minat, bakat, prestasi, dan riwayat kesehatan calon santri. Kosongkan jika tidak memiliki data terkait lembar tersebut.
10. Klik tombol Selesai untuk mengirimkan formulir online. Jika pendaftaran berhasil, silahkan unduh (download)formulir pendaftaran yang telah diisi dalam format .pdf atau print formulir. Jika pendaftaran gagal, perhatikan notifikasi yang muncul dan perbaiki isian dalam formulir pendaftaran.
*Jika Ijazah dan SKHUN belum keluar, maka bisa menggunakan Surat Keterangan Lulus (SKL) dan SKHU Sementara yang dikeluarkan oleh sekolah.
**Pembaruan data pendaftaran maksimal dilakukan tiga hari sebelum ujian seleksi masuk
11. Mengikuti tes tulis dan lisan sesuai gelombang
12. Pemberitahuan surat keterangan hasil ujian seleksi
13. Registrasi dan pelunasan biaya santri baru
14. Penempatan kamar

Offline

1. Membayar biaya administrasi pendaftaran sebesar Rp. 200.000,- ke rekening BNI 0477299472 A.n Pondok Pesantren Wali Songo Ngabar.
2. Datang ke kantor panitia Penerimaan Santri Baru di Gedung Juang ’61 untuk TMI/Putra, dan di Gd. Nadlwatul Baroroh untuk TMt-I/Putri, sekaligus membawa bukti pembayaran Rp. 200.000,-
3. Mengisi formulir pendaftaran, mengumpulkan berkas
4. Mengikuti tes tulis dan lisan sesuai gelombang
5. Pemberitahuan surat keterangan hasil ujian seleksi
6. Registrasi dan pelunasan biaya santri baru
7. Penempatan kamar

  • MATERI UJIAN SELEKSI

1. Tes Psikis
2. Tes lisan: Membaca Al-Quran, Doa harian, ibadah ‘amaliyah dan imla’ (menulis Arab).
3. Tes tulis: Pendidikan Agama Islam (PAI), IPA dan Matematika.
*Tahun ini akan diselenggarakan tes interview bagi wali santri, maka apabila waktu ujian seleksi tiba diharapkan bagi wali santri untuk hadir

  • INFORMASI

Panitia PSB:

0853 3918 8791 Ustadz Ahmadi Cahyadi (Putra)

0853 3842 7403 Ustadzah Lilik Alpiyati (Putri)

 

Sekretariat Pondok: 
0352 311206 (Putra), 311570 (Putri) | 0822 66100 620
Administrasi Keuangan:
0856 4918 1455 (Putra) | 0852 3361 0027 (Putri)
Pengasuhan Santri:
0852 3192 1070 (Putra) | 0823 0156 9052 (Putri)